Minggu, 10 April 2016

Artikel Murni

 

kenapa aku harus berpendidikan? 

  
Berbicara mengenai Pendidikan, kita semua pasti sudah mengetahui bahwa begitu pentingnya pendidikan bagi manusia. Dengan adanya pendidikan ini maka manusia atau seseorang dapat mempunyai pengetahuan, kemampuan, dan Sumber Daya Manusia yang tinggi. Hal-hal tersebut menjadi salah satu modal yang berharga yang dapat kita miliki untuk tetap hidup di zaman yang serba sulit ini.

Pendidikan, kemampuan, pengetahuan, dan wawasan sangat dibutuhkan dalam memulai atau melamar suatu pekerjaan. Mulai bangku Sekolah Dasar, pendidikan sudah kita dapatkan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut lagi mengenai pentingnya pendidikan bagi manusia di bawah ini adalah ulasannya.

Dasar diperlukannya pendidikan : 
a) Manusia lahir dalam keadaan tak berdaya, akan tetapi berpotensi untuk berubah. 
b) Secara biologis, manusia bersifat lentur, berotak besar, berkemampuan hebat. 
c) Secara sosial, manusia adalah makhluk yang unik, berbudaya. 
d) Allah SWT memberikan anugerah fisik untuk dikembangkan dengan sebaik – baiknya. 

Pendidikan diperlukan untuk : 
a) menumbuh kembangkan pemikiran peserta didik tentang nilai-nilai insani dan nilai-nilai ilahi. Hal ini dimaksudkan agar para peserta didik mempunyai bekal untuk menata atau menjalani kehidupan baik di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan alam. Sehingga nantinya dapat menjadi orang yang mengerti tentang ilmu keduniaan (insani) dan ilmu akhirat (ilahi). 
b) Selain itu pendidikan juga menanamkan nilai – nilai demokrasi, keadilan, kebenaran, kejujuran yang kesemuanya ini berguna dalam kehidupan kita. 
c) Pendidikan merupakan bagian utama bagi manusia untuk menjadi manusia yang berbudaya, berakhlak mulia, berwawasan dan berkepribadian sopan. 
d) Pendidikan juga diperlukan untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas. Untuk membangun manusia unggul harus berangkat dari filosofi pertumbuhan dan perkembangan manusia. 
e) Menata pendidikan sejak dini merupakan sesuatu yang mutlak. Jika mutu pendidikan dasar baik, maka baiklah selanjutnya 


"Pendidikan memang tidak menjamin kehidupan kita sukses, tapi tanpa pendidikan kehidupan akan lebih sulit"
Jadi, jangan pernah kita berpikir bahwa pendidikan itu tidak penting :)
salam dari anak bungsu heheheanak umak bapak~

0 komentar:

Posting Komentar